10 Tips Menghemat Baterai Di Iphone, Termasuk Mematikan Notifikasi Yang Kurang Penting

10 Tips Menghemat Baterai Di Iphone, Termasuk Mematikan Notifikasi Yang Kurang Penting – Hampir setiap orang tidak lepas dari smartphone.

Anda tidak pernah ingin ponsel cerdas Anda kehabisan daya pada waktu yang tidak tepat karena pentingnya perangkat kecil ini begitu besar.

Seperti smartphone Android, iPhone memiliki kapasitas baterai yang terbatas.

PC Mag menguji iPhone 12 Pro Max, yang menawarkan daya tahan hingga 15 jam.

Tapi bagaimana dengan model sebelumnya?

Jika baterai iPhone Anda cepat habis, berikut adalah 10 tips untuk menghemat daya baterai iPhone.

1. Jauhkan iPhone Anda dari suhu ekstrim.

Cara selanjutnya untuk menghemat dan membuang baterai iPhone Anda adalah dengan menghindari memaparkan perangkat Anda ke suhu ekstrem.

iPhone dirancang untuk bekerja dengan baik dalam kisaran suhu 16°C hingga 22°C.

Saat iPhone terus-menerus terkena suhu ekstrem, baik digunakan di dalam perangkat maupun di luar lingkungan, kesehatan baterai akan menurun dengan sangat cepat.

Memperbarui sistem operasi seperti yang disebutkan di atas dapat menyebabkan iPhone Anda berhenti mengisi daya lebih dari 80% saat terjadi aktivitas yang menyebabkan perangkat Anda menjadi terlalu panas di luar batas suhu yang disarankan.

2. Matikan penyegaran latar belakang untuk aplikasi

Aplikasi yang berjalan di latar belakang iPhone Anda dapat dipantau melalui menu Baterai di pengaturan perangkat Anda.

Jika aplikasi menghabiskan daya baterai yang berlebihan atau tidak biasa, Anda dapat menonaktifkan penyegaran latar belakang aplikasi.

Untuk melakukan ini, di pengaturan perangkat Anda, ketuk menu Umum, gulir ke bawah dan pilih opsi penyegaran aplikasi Latar Belakang.

Kemudian pilih aplikasi yang ditandai sebagai menghabiskan daya baterai yang berlebihan dan geser sakelar di sebelahnya menjadi abu-abu.

Ini mencegah iPhone OS dari secara otomatis menyegarkan atau menyegarkan konten di latar belakang aplikasi yang menghabiskan banyak daya baterai.

3. Gunakan pengisi daya Apple asli

Cara pertama untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan menggunakan perangkat atau pengisi daya Apple asli (kabel dan adaptor).

Pasalnya charger asli memiliki output daya yang sesuai dengan performa baterai iPhone. Di sisi lain, pengisi daya palsu dapat memiliki output daya yang sesuai dengan standar iPhone.

Output daya yang tidak tepat akan merusak kesehatan baterai iPhone Anda. Kondisi baterai iPhone yang rendah dapat mempersingkat masa pakai perangkat, menurut situs resmi Apple.

4. Lakukan pembaruan perangkat lunak secara teratur

Pembaruan perangkat lunak atau rilis OS biasanya membawa fitur penting ke iPhone, termasuk kemampuan untuk menghemat baterai iPhone.

Mirip dengan pembaruan sistem operasi yang dimulai dengan iOS 13 dan yang lebih baru, Apple memperkenalkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi daya baterai secara otomatis saat perangkat terisi daya 80% jika perangkat digunakan secara ekstensif.

5. Pengisian daya 80% dengan penggunaan iPhone yang ekstensif

Saat Anda menggunakan iPhone secara ekstensif, Anda dapat menghemat baterai iPhone tanpa mengisi daya lebih dari 80%.

Penggunaan yang berlebihan, seperti bermain game atau merekam video dalam waktu lama, dapat menyebabkan iPhone Anda menjadi terlalu panas.

Kemudian, melakukan aktivitas ini bersamaan dengan pengisian daya akan membuat iPhone Anda jauh lebih hangat.

Seperti disebutkan di atas, mengekspos iPhone Anda ke panas yang berlebihan dapat secara signifikan menurunkan kesehatan baterai iPhone Anda.

Jadi, saat menggunakan iPhone Anda secara ekstensif, cobalah untuk tidak mengisi dayanya di atas 80%.

iPhone yang sudah menjalankan sistem operasi dengan iOS 13 atau lebih baru memiliki fitur yang dapat secara otomatis berhenti mengisi daya hingga 80% saat mendeteksi aktivitas yang menyebabkan iPhone Anda terlalu panas.

6. Aktifkan fungsi kecerahan otomatis

Selanjutnya, cara kelima untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan mengaktifkan fitur auto-brightness. Fitur ini memungkinkan layar iPhone untuk mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar Anda.

Perbaikan ini dapat membuat baterai iPhone Anda terkuras lebih efisien.

Cara mengaktifkan auto-brightness bisa dilakukan dengan mengakses menu “Aksesibilitas” di pengaturan perangkat.

Kemudian pilih opsi “Layar dan ukuran teks”, gulir ke bawah dan geser tombol “Kecerahan Otomatis” ke hijau.

7. Gunakan Wi-Fi

Menggunakan WiFi untuk mengakses Internet membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada jaringan seluler.

Hal ini membuat baterai iPhone Anda lebih hemat saat menggunakan WiFi untuk mengakses internet.

Mengaktifkan jaringan WiFi dapat dilakukan dengan mengklik ikon sinyal WiFi di menu Pengaturan Cepat iPhone.

8. Aktifkan fungsi mode daya rendah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fitur Low Power Mode bisa membuat baterai iPhone Anda lebih awet.

Cara mengaktifkan fitur ini dapat dilakukan dengan membuka menu “Baterai” di pengaturan perangkat lalu pindahkan sakelar “Mode Daya Rendah” menjadi hijau.

9. Matikan notifikasi untuk notifikasi yang kurang penting

Pemberitahuan Masuk Pemberitahuan dapat menghidupkan atau membangunkan iPhone saat iPhone berada di layar terkunci.

Sering membangunkan iPhone dari notifikasi yang masuk dapat menguras baterai iPhone Anda dengan cepat.

Jadi, untuk menghemat baterai iPhone, Anda perlu mengatur peringatan notifikasi.

Untuk melakukannya, di pengaturan perangkat Anda, ketuk menu Notifikasi, lalu pilih aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi yang kurang penting. Kemudian, matikan sakelar “Izinkan pemberitahuan”.

10. Menyiapkan layanan lokasi di aplikasi

Salah satu cara terakhir untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan mengaktifkan layanan lokasi di aplikasi. Layanan lokasi dari aplikasi yang terus berjalan dapat menguras baterai iPhone Anda lebih cepat.

Anda dapat mengatur layanan lokasi di aplikasi dengan mengetuk menu “Privasi” di pengaturan perangkat Anda. Kemudian klik opsi “Layanan Lokasi”. Aktifkan layanan lokasi dengan memilih aplikasi tertentu yang kurang penting dan memilih Tidak Pernah.

Menyetel opsi ini mencegah beberapa aplikasi yang kurang penting mengakses layanan lokasi, sehingga Anda tidak perlu membuang daya baterai dan menghemat uang.

Berikut adalah 10 tips agar iPhone Anda tidak boros baterai. Semoga ini membantu.

Artikel ini telah tayang di dengan Judul 10 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Boros, Termasuk Mematikan Background App Refresh.

You May Also Like

About the Author: admin123

Leave a Reply

Your email address will not be published.